Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Apa itu CHANNEL MANAGER ?


Jika hotel Anda sudah terdaftar di OTA (Online Travel Agent) tentunya akan mendapatkan satu dashboard atau yang biasa disebut dengan extranet untuk mengatur harga dan ketersediaan kamar.  Misal, hotel Anda terdaftar di Traveloka, PegiPegi, TiketCom, Mr Aladin, Agoda, BookingCom, atau Expedia maka Anda akan mempunya 7 dashboard/extranet untuk mengatur harga dan ketersediaan kamar di OTA-OTA tersebut.

Kita lanjutkan lagi simulasi “imajiner-nya” . Misal hotel Anda mempunyai 40 kamar dan terkoneksi ke 7 OTA yang saya sebutkan diatas, lalu Anda juga aktif melakukan penjualan sendiri dengan bekerjasama dengan pihak Agen Perjalanan, pemerintah, website sendiri ataupun model akuisisi tamu lainnya diluar mekanisme OTA. Jika dalam satu hari tertentu hotel sudah terjual 15 kamar diluar penjualan OTA, tentunya Anda harus segera mengurangi ketersediaan di masing-masing OTA tersebut. Anda bisa alokasikan di masing-masing OTA tersebut 3 kamar, jadi total Anda sudah alokasikan 21 kamar untuk keseluruhan OTA yang sudah diajak kerjasama (sisa 4 kamar lagi Anda siapkan untuk tamu walk-in). Lalu di hari yang sama masuk lagi tamu dari OTA sebanyak 10 orang, tentunya anda harus segera merubah ketersediaan kamarnya dengan segera. Ingat lho, kamar anda hanya 40 saja! . Jika tidak, Anda akan mengalami overbooking dan jika ini terjadi tentu akan sangat merepotkan dan merugikan citra baik hotel Anda.

 

Untuk mempermudah cara kerja hotel Anda di OTA, maka Anda membutuhkan satu aplikasi yang bisa melakukan otomatisasi kepada 7 OTA yang sudah bekerjasama baik harga maupun ketersediaan kamar. Dengan contoh diatas misal Anda alokasikan 21 kamar cukup dengan input 21 kamar tersedia di aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut akan alokasikan secara otomatis ke 7 OTA. Jika dalam hari tersebut terjual 10, maka otomatis alokasi kamar berkurang sisa 11 kamar. Cukup mudah bukan ? Nah, aplikasi tersebut dinamakan CHANNEL MANAGER.

 

Ada beragam penyedia CHANNEL MANAGER, kita bisa sebutkan siteminder, rategain, STAAH, ezee, BookAndLink dan masih banyak yang lainnya. Khusus nama terakhir yang saya sebutkan adalah CHANNEL MANAGER yang bekerjasama dengan HOTELMU. Dan poin paling penting dan utama, CHANNEL MANAGER yang sudah terkoneksi dengan Aplikasi Hotel Anda. Jadi, Anda cukup mengatur semua aktivitas checkin, booking, harga dan ketersediaan kamar baik yang dijual melalui OTA ataupun dijual diluar OTA cukup melalui satu tempat yaitu Aplikasi Hotel. Tentunya Anda perlu memilih CHANNEL MANAGER yang sudah terkoneksi dengan Aplikasi Hotel Anda. Untuk hal ini, kami dari HOTELMU sudah menyediakannya untuk hotel Anda. Silahkan klik disini atau hubungi pusat kontak kami untuk diskusi lebih lanjut mengenai CHANNEL MANAGER dan juga Aplikasi Hotel. Atau silahkan mencoba aplikasi HOTELMU, klik disini untuk COBA GRATIS.


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post