Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Mengenal Payment Gateway untuk Booking Engine di Website Hotel Anda


Untuk memudahkan pembayaran tamu setelah ketika melakukan reservasi melalui website hotel Anda biasanya akan ditawarkan dua opsi yaitu  pay at hotel atau pembayaran di hotel dan pembayaran secara langsung melalui layanan kartu kredit atau virtual account atau melalui modern outlet seperti alfamart dan indomaret.

Untuk opsi kedua diatas , jika kita melakukan integrasi langsung dengan pihak Bank untuk keperluan pembayaran secara otomatis melalui fasilitas kartu kredit / virtual account tentunya akan memerlukan investasi yang cukup besar baik dari persyaratan infrastruktur dan juga teknologi untuk memenuhi standar yang sudah ditentukan. Investasi untuk hal tersebut menurut saya akan sangat besar untuk hotel Anda, oleh karena itu diperlukan solusi lain untuk menekan investasi tersebut yaitu dengan koneksi dengan Payment Gateway.



Dengan koneksi ke Payment Gateway, Anda tidak perlu investasi infrastruktur ataupun teknologi yang menjadi syarat dari pihak Bank. Anda cukup melakukan koneksi ke Antar Muka yang sudah disiapkan oleh pihak Payment Gateway. Selanjutnya, mereka yang akan meneruskan ke pihak Bank ataupun channel pembayaran lainnya.

Di Indonesia sudah terdapat beragam Payment Gateway baik dari dalam negeri ataupun luar negeri, diantara yang sudah terkenal yaitu MIDTRANS, DOKU,FINNET,  IPAY88, ESPAY dan masih banyak lainnya. Nama yang disebutkan pertama (baca MIDTRANS) adalah yang sudah terkoneksi dengan Platform Booking Engine dari HOTELMU. Selain terkoneksi dengan Payment Gateway, platform Booking Engine dari HOTELMU juga menjadi satu kesatuan dengan Website Hotel.



Oh ya, karena Anda terkoneksi dengan Payment Gateway nantinya anda akan dikenakan biaya per-transaksi yang dikenal MDR (merchant discount rate). Untuk besaran MDR ini relatif. Contohnya untuk kartu kredit dikenakan biaya 2,8%-3,2% + Rp. 2000 , lalu untuk Virtual Account dikenakan biaya Rp.4000,-, untuk Alfamart/Indomaret dikenakan biaya Rp.5000,- (MDR setiap penyedia Payment Gateway berbeda-beda).  Biaya-biaya MDR tersebut adalah untuk PAYMENT GATEWAY, dan jika hotel Anda menggunakan platform Booking Engine dari HOTELMU maka untuk administrasi dengan Payment Gateway itu langsung antara Anda dengan Payment Gateway dan HOTELMU sama sekali tidak akan menyimpan uang reservasi dari tamu hotel Anda. Oleh karenanya, HOTELMU menyebut layanan ini FREE PAYMET PROCESSOR alias bebas biaya transaksi dari HOTELMU



Ketika hotel Anda memutuskan membuat saluran penjualan sendiri (direct channel) melalui website dan booking engine, maka biaya MDR diatas menjadi kecil mengingat untuk terdaftar di OTA maka potongan komisinya adalah dari 15% - 20%. Silahkan berdiskusi dengan kami untuk Payment Gateway dan layanan platform Booking Engine dari HOTELMU. atau silahkan mencoba aplikasi HOTELMU, klik disini untuk COBA GRATIS


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post