Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Tingkatkan pendapatan hotel Anda dengan Direct Channel

Survei tahun 2018 menyebutkan pengguna internet di Indonesia kurang lebih sekitar 65%. Dan sebagian penggunanya selain untuk melakukan aktivitas di media sosial termasuk layanan percakapan digunakan untuk aktivitas berbelanja atau kita sebut e-commerce. Kita juga sama-sama ketahui salah satu startup terkenal sebagai OTA (online travel agent) yaitu TRAVELOKA sudah masuk sebagai salah satu unicorn yang berarti valuasinya sudah senilai 1 Milliar Dollar atau setara dengan 14 Trilyun Rupiah (jika 1 USD = 14,000 Rupiah).

Tren kenaikan booking hotel tentunya tidak hanya dialami oleh TRAVELOKA saja, namun juga OTA-OTA lainnya dan ini datanya dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penetrasi penggunaan internet Indonesia, edukasi ke masyarakat dan tentunya godaan potongan harga hehehe.

Data yang kami terima menyebutkan bahwa dengan adanya OTA dan juga VHO (virtual hotel operator) yang sama-sama mendaftarkan hotel-hotelnya ke OTA juga menunjukkan kenaikan tingkat hunian/okupansi namun seiring dengan meningkatnya tingkat hunian tersebut diiringi dengan penurunan yaitu RevPAR (Revenue Per Avaibility Room atau Rata-rata pendapatan kamar hotel). Kok bisa ? Ya, dikarenakan melalui OTA ada potongan komisi, potongan harga dan juga jika harga diturunkan untuk akuisisi tamu (terutama untuk VHO yang bisa menurunkan harga tanpa sepengetahuan hotel karena pihak hotel sudah kontrak dengan VHO tersebut).

 Anda masih bisa menaikkan pendapatan hotel dengan cara Direct Channel atau saluran penjualan langsung yang dibangun sendiri baik offline maupun online. Dan salah satu saluran penjualan online adalah dengan membangun website hotel yang disertai dengan booking engine yang sudah terintegrasi dengan aplikasi hotel Anda.

 Misal Anda mendaftarkan hotel Anda di OTA dengan harga 1,000,000/malam dan dengan komisi 15%, maka potensi uang yang akan Anda terima adalah 850,000/malam. Dengan website hotel Anda sendiri bisa diterapkan harga Rp.950,000/malam dan Anda bisa bilang ke calon tamu ini adalah Best Rates Guarantee. Tugas Anda adalah bagaimana calon tamu dapat mengetahui website hotel Anda!. Salah satunya Anda bisa bilang ke tamu yang checkin bahwa selanjutnya dapat memesan secara langsung melalui website hotel Anda dengan jaminan harga lebih murah dari yang lainnya.

 Lalu apakah OTA jadi ditinggalkan ? tentu tidak!, era informasi yang semakin disruptif saat ini diperlukan kejelian melihat peluang. OTA dengan dukungan layanan digital marketingnya yang luar biasa perlu anda manfaatkan semaksimalnya, tapi Anda perlu juga membangun saluran penjualan secara mandiri.

Sudah siap ? Silahkan hubungi pusat kontak kami untuk diskusi lebih lanjut mengenai website hotel dan juga booking engine yang sudah terintegrasi dengan Payment Gateway dan tentunya Aplikasi Hotel agar tidak perlu bingung lagi mengatur ketersediaan kamar secara otomatis, atau silahkan mencoba aplikasi HOTELMU, klik disini untuk COBA GRATIS.