Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Tentukan Sasaran Anda ketika bermulai untuk Ber-Digital Marketing

Pada tulisan sebelumnya saya sudah menyampaikan pentingnya DIGITAL MARKETING dan industri hotel harus segera memulai Ber-DIGITAL MARKETING dan diantara langkah pemasaran di ranah digital adalah menggunakan MEDIA SOSIAL.

Ketika Anda memulai langkah pemasaran di media sosial yang penting Anda lakukan pertama kali adalah menetapkan sasaran atau tujuan. Berikut ini poin-poin penting untuk menetapkan sasaran/tujuan tersebut :

1.Sasaran harus terukur, bisa dicapai, relevan dan berbasis waktu

2.Sasaran harus berpusat pada audiens yaitu :

a. Awereness : Mendapatkan perhatian pelanggan

b. Conversion : Mengarahkan tindakan pelanggan

c. Advocacy : Mendapatkan referensi pelanggan.

3.Sasaran harus berdampak pada organisasi/tempat usaha Anda. Sasaran adalah hasil, bukan sekedar kegiatan.

4.Sasaran  harus besar dan dapat diterjemahkan dalam KPI (Key Performance Indicator). Beberapa contoh KPI dalam media sosial, antara lain :

Frequency : Jumlah posting

Audience Growth : Perkembangan followers/fans Reach:Jangkauan/Tayangan baik berbayar atau organik

Engagement : Interaksi, komentar, share.

Traffic Generation : Referensi atau kunjungan

Lead Generation : Prospek yang dihasilkan

Lead Nurturing : Kunjungan dari prospek

Customer Acquisition : Akuisisi pelanggan baru

Customer Retention : Jumlah pelanggan/anggota yang terlibat

Customer Support : Pertanyaan dan tiket/komplain yang diselesaikan.

 

Bagaimana ? Apakah Anda sudah siap untuk memulai pemasaran di ranah digital ?Digital Marketing, frasa kata ini jika Anda cari di Google maka akan keluar sampai 3 juta lebih hasil pencariannya. Dan ini telah menjadi tren yang sangat luar biasa dimulai dari sejak booming internet di tahun 98 sampai kemunculan media sosial.

 

Bagi seorang traveler ketika mencari tempat menginap (baca Hotel) ada beberapa aspek yang menjadi pertimbangan antara lain menurut catatan saya (urutan nomor tidak berarti prioritas pertimbangan) :


  1. Lokasi Hotel (posisi seberapa dekat dengan beberapa tujuan lain)

  2. Luas Kamar

  3. Foto Kamar

  4. Fasilitas Hotel seperti Restoran, Tempat Renang, Tempat Gym dan lain-lain

  5. Harga

  6. Dan yang paling penting juga adalah Review


 

Dan yang paling penting lagi 6 poin diatas cukup dilihat dari smartphone ataupun laptop, dan ini sudah cukup mempengaruhi perilaku traveler untuk membeli jasa hotel tersebut. Apakah Anda sudah dapat pandangan lain ? Ya, 6 poin diatas di peroleh melalui smartphone/laptop dan ini berarti DIGITAL, dan ketika ini bisa mempengaruhi keputusan untuk membeli berarti ini terkait dengan MARKETING.

 

Berangkat dari hal tersebut diatas, saya ingin mengatakan betapa pentingnya DIGITAL MARKETING untuk Hotel Anda. TRADITIONAL MARKETING seperti cetak brosur, cetak kartu nama, pasang spanduk masih bisa Anda lakukan. Tapi, jangan lupa era sekarang adalah era informasi digital dan perilaku masyarakat juga sudah berganti. Jadi Anda perlu memperhatikan DIGITAL MARKETING. Ada banyak tipe dan upaya DIGITAL MARKETING mulai dari media sosial, website, SEO, iklan di Google, iklan di FB,iklan di Instagram, google business directory, funneling, dan lain-lain. Disini saya tidak membahas secara detail teknis-teknis tersebut, namun hanya ingin menyampaikan AYO MULAI BER-DIGITAL MARKETING.