Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Wajib dipelajari ! Laporan-laporan Penting untuk Manajemen Hotel


Laporan-laporan Penting untuk Manajemen Hotel. Laporan apa saja yang diperlukan oleh manajemen hotel ? Laporan merupakan informasi yang sangat dibutuhkan untuk manajemen hotel. Dengan Laporan yang detail dan informatif, bisa membantu manajemen hotel sebagai bahan analisis. Dimana semua laporan yang dihasilkan dari semua operasional hotel akan di olah untuk mencapai target okupansi dan revenue sesuai dengan yang diharapkan owner.



Pada artikel ini, penulis mencoba membagikan pengalaman terkait laporan-laporan yang sangat berguna untuk manajemen hotel :



Laporan Statistik Hotel (Format Harian, Bulanan dan Tahunan)

Laporan Forecasting

Sales Insight

Laporan Akuntansi

Semua laporan diatas, merupakan laporan yang sangat penting untuk manahemen hotel. Berikut ini penulis jelaskan satu-persatu :



1. Laporan Statistik Hotel

Laporan statistik memberikan informasi singkat tapi padat terkait okupansi, Revenue, RevPar (Revenue per Available Rate), dan ARR (Average Room Rate). Biasanya laporan statistik ini disajikan dalam format harian, bulanan, dan tahunan.



2. Laporan Forecasting

Laporan Forecasting ini adalah memberikan informasi terkait ramalan/perkiraan Okupansi, Revenue dan Average Room Rates dalam bentuk harian dan bulanan. Mungkin bisa djuga ditambahkan field lainnya untuk forecasting. Dengan adanya Forecasting Report, Manager ataupun owner bisa mengetahui prediksi/perkiraan okupansi dan revenue dimasa yang akan datang. Seorang analisis biasanya menggunakan grafik untuk bahan analisis.



3. Sales Insight

Sales Insight menyajikan laporan statistik (okupansi, revenue, ARR) dalam bentuk grafik/chart. Laporan ini juga akan menunjukkan perbandingan harian, bulanan dan tahunan. Membandingkan statistik dari ini dan kemarin, bulan ini dan bulan sebelumnya, tahun ini dan tahun sebelumnya. Terkadang, seseorang lebih menyukai grafik dibanding tulisan.



4. Laporan Akuntansi

Laporan Akuntansi tentu saja sangat penting disetiap perusahaan. laporan yang disajikan mencakup laporan Arus Kas, Neraca Saldo, dan Labarugi.



Aplikasi HotelMu memiliki fitur laporan-laporan yang sudah penulis jelaskan diatas. Masih banyak laporan-laporan lainnya yang sangat penting untuk manajemen hotel. Apabila anda tahu laporan lainnya yang penting dan dibutuhkan hotel, silahkan isi pada kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.



Sumber : link


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post