Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Pentingnya Hotel Menjalankan Yield Management di Masa Pandemi

Daftar Isi

  • KESIMPULAN

Pentingnya Hotel Menjalankan Yield Management di Masa Pandemi. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak sekali sektor bisnis yang terdampak berat dengan adanya pandemi Corona atau Covid-19. Apalagi saat ini beberapa wilayah masih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Adapun salah satu sektor bisnis yang paling terdampak pandemi adalah Akomodasi.

Oleh karena itu, para manager dituntut untuk memutar otak agar bisnis mereka tetap berjalan dan masih bisa menggaji karyawan. Karena dampak paling buruknya adalah banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan. Saat inilah waktunya Para manager dan leader membuktikan diri bagaimana mereka bisa memaksimalkan strategi mereka untuk tetap mendaparkan profit.

Para Manager dan leader hotel harus menjalankan  yield management.  Apa itu Yield ManagementYield Management adalah suatu konsep manajemen strategi harga, agar hotel mendapatkan hasil yang optimal, dengan menjual kamar yang tepat, pada waktu yang tepat dan juga konsumen yang tepat. Konsep dasar manajemen hasil berdasarkan pada prinsip ekonomi penawaran dan permintaan. Ketika persediaan sedikit, maka harga dinaikkan. Ketika persediaan tinggi, maka harga diturunkan.

Yield Management berkaitan dengan harga dan informasi. Manajemen Hotel harus mampu menyajikan harga berbeda pada waktu yang berbeda, kamar yang berbeda dan segmen yang berbeda. Selain itu, dalam Yield Management informasi sangatlah penting. Berapa harga kamar yang diberikan, kapan harga tersebut berlaku dan apa saja yang tamu dapatkan dari harga yang mereka bayarkan.

Salah satu contoh penerapan dari Yield Management, kamar yang biasanya dijual dengan paket harga reguler, dimasa pandemi ini dirubah menjadi paket ISOMAN. Karena saat ini masanya sedang sulit, jadi harganyapun bisa diturunkan. Tapi dengan ketentuan khusus, misalnya minimum stay  7 hari. Itu adalah salah satu contoh dari penerapan yield management.

KESIMPULAN


Yield Management sangat berkaitan dengan informasi. Oleh karena itu manajemen hotel membutuhkan software hotel / tools yang dapat mendukung konsep yield management. Software Hotel yang mampu menghasilkan informasi rekomendasi harga pada waktu yang tepat. Software HotelMU sangat mendukung untuk membantu kesulitan para manager dan leader hotel saat ini. HotelMU adalah softeare yang memiliki fitur / tools Yield Manager dan Revenue Manager yang dapat memberikan informasi rekomendasi harga diwaktu yang tepat. Anda manager hotel yang sedang bingung, bisa coba gratis software HotelMu sekarang juga secara gratis. Dan dimasa pandemi ini, banyak promo yang HotelMU tawarkan untuk para pengusaha akomodasi. 


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post