Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Apa Itu PMS dan Manfaatnya untuk Perhotelan


PMS adalah singkatan dari Property Management System. Ada juga yang menyebutnya HMS (Hotel Management System. PMS merupakan aplikasi yang dapat memberikan kemudahan dan dapat meningkatkan efektifitas maupun efisiensi di operasional hotel. Ayo kita sama-sama mengenali apa itu PMS dan apa fungsinya ?

Banyak yang salah mengartikan PMS / Property Management System. Menurut saya, Aplikasi Hotel bisa disebut PMS apabila fitur-fiturnya bisa membantu semua departemen di Hotel. Aplikasi yang hanya bisa digunakan untuk Checkin, Pembayaran dan Checkout belum bisa disebut sebagai Property Management System. Tetapi lebih tepatnya itu Aplikasi Front Office.

Pandangan saya, sebuah Aplikasi Hotel bisa disebut sebagai PMS apabila sudah memenuhi syarat-syarat berikut ini :

1. Dapat digunakan untuk membantu Front Office

2. Dapat digunakan untuk membantu House Keeping

3. Dapat digunakan untuk membantuk Akunting dalam mencatat keuangan Hotel.

Apabila sebuah aplikasi sudah memiliki 3 modul diatas, maka sudah bisa dibilang sebagai PMS. Akan lebih bagus lagi apabila PMS memiliki fitur yang lebih lengkap, Misalnya modul POS (Point of Sales) untuk membantu pencatatan penjualan di restoran hotel, Memiliki modul Store Room atau istilah lainnya untuk mencatat inventory / Stok di Hotel. Aduh, ternyata saya masih pusing nih untuk mengambil langganan aplikasi hotel. Tidak perlu bingung, karena aplikasi HotelMU adalah solusinya.

HotelMU.id merupakan Vendor PMS / Property Management System asli dari Indonesia, yang mampu meningkatkan efisiensi di operasional dan juga memaksimalkan penjualan hotel anda dengan berbagai fiturnya yang lengkap. Anda bisa trial selama 14 hari dengan request melalui form COBA GRATIS. Dan anda bisa mengontak tim kami di nomor +62 811-8555-157.


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post