Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

3 Laporan Harian yang dibutuhkan Pemilik Hotel

Daftar Isi

  • Kesimpulan

Laporan harian sangat dibutuhkan oleh pemilik hotel sebagai acuan pengambilan keputusan. Apa saja laporan harian yang dibutuhkan di hotel ? Setidaknya ada 3 laporan penting yang wajib di informasikan setiap harinya, diantaranya :

1. Laporan pendapatan

Laporan pendapatan harian dari masing-masing group / akun pendapatan sangat dibutuhkan. Pendapatan di hotel biasanya mencakup laporan pendapatan kamar, laporna pendapatan restoran atau FnB, laporan pendapatan House Keeping, Laporan Pendapatan Extracharge, dan Pendapatan lain-lain.

2. Laporan statistik

Laporan Statistik harian juga dibutuhkan setiap harinya. Laporan statistik disini diantaranya Room Occupied (Jumlah kamar yang terisi), Room Sold (Jumlah Kamar yang terjual), Okupansi atau Occupancy (Tingkat Hunian %), ARR (Average Room Rate), RevPAR (Revenue Per available Rate). Laporan statistik ini bisa digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan harga. Sebagian hotel menggunakan ARR sebagai acuan, tapi saat ini sebagian besar sudah menggunakan RevPAR sebagai patokannya.

3. Laporan Forecasting

Laporan  yang tidak kalah penting adalah Forecasting. Apa itu laporan forecasting ? Forecasting Report merupakan laporan yang menampilkan perkiraan okupansi dan pendapatan pada periode yang akan datang.

Kesimpulan


Setidaknya ada 3 laporan penting yang harus di informasikan setiap harinya kepada pemilik hotel, diantaranya : Laporan Pendapatan, Laporan Statistik dan Laporan Forecasting. Aplikasi HOTELMU menyediakan 3 laporan tersebut. Silahkan Coba Gratis sekarang juga untuk mengenal fitur yang dimiliki HOTELMU.


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post