Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Mengenal Jenis-jenis Penginapan di Indonesia

Daftar Isi

  • 1. Hotel
  • 2. Hostel
  • 3. Guest House
  • 4. Apartemen
  • 5. BnB (Bed and Breakfast)
  • 6. Hotel Bukti (Boutique Hotel)
  • 7. Resort
  • 8. Villa
  • 9. Aparthotel

Di Indonesia, terdapat beragam jenis penginapan, mulai dari hotel, hostel, guest house, apartemen, BnB (Bed and Breakfast), hotel budget, boutique hotel, resort, villa dan aparthotel. Semua isilah-istiah di atas, mungkin kamu juga sering mendengarnya. Tapi, apakah kamu sudah tahu perbedaannya ?

Oke, HOTELMU akan menjelaskan perbedaan dari jenis-jenis penginapan yang umum ada di Indonesia. Jadi kamu tidak akan salah memilih penginapan buat berlibur besok.

1. Hotel



Hotel merupakan jenis hotel terpopuler bagi wisatawan di Indonesia. Hotel pada umumnya terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu hotel bintang dan hotel non bintang. Hotel non bintang biasanya disebut dengan hotel budget. Dan untuk hotel bintang  yaitu hotel bintang 1 sampai 5. Setiap kategori hotel non bintang, hotel bintang 1 dan sampai hotel bintang 5 itu memiliki klasifikasi yang berbeda. Semakin tinggi bintangnya, maka fasilitasnya semakin mewah.



2. Hostel



Hostel merupakan jenis penginapan yang cocok untuk solo traveler atau budget traveler, karena harganya yang lebih murah. Berbeda dengan penginapan lainnya, hostel biasanya menyediakan tipe kamar asrama  dengan tipe bunk bed yang bisa dihuni oleh 4 - 20 orang.



3. Guest House



Guest House sama halnya dengan hotel, namun perbedaannya guest house dijalankan secara kekeluargaan dan tradisional. Biasanya pemilik juga bertempat tinggal di guest house tersebut. Dan guest house juga menawarkan harga kamar yang relatif lebih murah dibanding hotel.



4. Apartemen



Apartemen adalah jenis penginapan yang biasanya di gedung bertingkat dan didalamnya terdiri dari beberapa ruangan seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan lain-lain. Apartemen berbeda dengan hotel, karena apartemen umumnya hanya dikelola oleh seorang individu. Kalau hotel ada manajemennya dan didalamnya terdiri dari beberapa departemen seperti Front Office, House Keeping, Akunting, Marketing, Store Room, dan Kasir resto jika ada resto. 

Segmen pasar untuk Apartemen biasanya untuk tingkat menengah keatas, karena apartemen harganya cukup mahal. Dan apartemen juga terdapat beberapa tipe yang berbeda sesuai dengan kebutuhan tamu/kustomer, seperti tipe studio, tipe tiga kamar tidur, tipe penthouse, dll.



5. BnB (Bed and Breakfast)



Bed and Breakfast merupakan jenis penginapan yang menawarkan tempat tidur dan breakfast sesuai dengan namanya. Jenis penginapan BnB ini harganya cenderung lebih murah, jadi cocok untuk seorang traveler muda yang memiliki dana terbatas. Penginapan BnB adalah hotel independen yang di kelola oleh individual. Jadi jenis penginapan ini hampir mirip dengan guest house, bedanya BnB terlihat lebih profesional karena menggunakan standar hotel.



6. Hotel Bukti (Boutique Hotel)



Hotel Butik atau boutique hotel adalah hotel yang cukup mewah. Biasanya hotel butik ini masuk dalam kategori bintang 3 hingga bintang 5. Kategori hotel bintang tidak dilihat dari jumlah kamarnya yang banyak, tapi dilihat dari fasilitas dan kelengkapannya, baik itu di lobby, kamar, restoran, maupun gedung pertemuan. 



7. Resort



Resort menawarkan pengalaman yang menarik karena tempatnya yang strategis dan fasilitas yang mewah dengan mengutamakan rekreasi. Biasanya terletak di pegunungan atau pinggir pantai, yang cocok untuk liburang keluarga. Jadi harganyapun cukup mahal ya, karena sesuai dengan fasilitasnya yang akan memuaskan kamu dan keluarga.



8. Villa



Villa biasanya terletak di tempat yang strategis seperti resort. Biasanya terletak di pegunungan dan pantai. Villa umumnya bersifat lebih private dan jauh dari keramaian. adapun bentuk bangunannya, biasanya villa ini seperti rumah dengan 1 kamar atau lebih, terdapat ruang tamu, dapur dan juga dilengkapi kolam renang. Kebanyakan Villa biasanya disewakan per-unit, tetapi tidak sedikit yang disewakan perkamar juga. Adapun harga sewa villa itu relatif, jika sewanya perunit itu akan cukup mahal. Biasanya mulai dari 1,5 juta atau lebih.



9. Aparthotel



Aparthotel adalah penginapan jenis apartemen, tetapi aparthotel memberikan pelayanan layaknya hotel. Dimana, nantinya kamu akan bertemu Front Office/Resepsionis dan anda akan diantar oleh seorang bellboy.



Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post