Cara Efektif Mengelola No Show dan Go Show Booking di Hotel Anda
- Date- Senin, 18 November 2024 10:00 WIB
- Author- Ahmad Syarifudin
- 245 Views
Daftar Isi
- Strategi Efektif Mengelola No Show Booking
- Menerapkan Kebijakan Pembayaran dimuka (prepaid booking)
- Terapkan Kebijakan Pembatalan
- Memanfaatkan Teknologi Software Property Management System
- Strategi Efektif Mengelola Go Show Booking
- Menggunakan Software Property Management System
- Menawarkan Layanan Tambahan lain
- Kesimpulan
Bagaimana cara efektif mengelola no show dan go show booking di hotel? No show dan go show booking adalah dua istilah penting dalam hospitality yang harus Anda ketahui. No show Booking terjadi ketika tamu yang telah memesan kamar tidak datang tanpa membatalkan reservasinya terlebih dahulu. Sebaliknya, go show booking adalah ketika tamu yang sudah reservasi baik melalui telepon, agent, maupun online travel agent, itu datang check-in ke hotel. Keduanya memiliki dampak signifikan terhadap tingkat hunian dan operasional hotel, sehingga perlu dikelola dengan strategi yang tepat oleh manajemen hotel. Artikel ini akan membahas cara efektif mengelola no show dan go show booking di hotel untuk memaksimalkan pendapatan dan okupansi hotel.
Strategi Efektif Mengelola No Show Booking
Banyaknya tamu yang no show booking dapat berpotensi menurunkan tingkat hunian hotel dan juga pendapatan hotel. Untuk itu manajemen hotel perlu menerapkan strategi efektif untuk mengelola no show booking. Apa saja strategi yang bisa dilakukan hotel?
Menerapkan Kebijakan Pembayaran dimuka (prepaid booking)
Menerapkan kebijakan pembayaran dimuka saat reservasi adalah langkah utama untuk mengurangi resiko no show. Karena jika sudah bayar dimuka, tamu kemungkinan akan check-in karena tidak mau kehilangan uangnya dengan sia-sia. Dan hotel juga berpotensi akan mendapatkan okupansi dan pendapatan hotel lebih besar lagi dari layanan lainnya yang mungkin akan diambil oleh tamu menginap.
Terapkan Kebijakan Pembatalan
Hotel harus membuat kebijakan mengenai ketentuan batas waktu pembatalan. Misalnya, tamu dapat melakukan pembatalan secara gratis 24-48 jam sebelum check-in. Dan jika melewati batas waktu tersebut, hotel dapat mengenakan biaya pembatalan.
Memanfaatkan Teknologi Software Property Management System
Hotel wajib menggunakan property management system, agar data reservasi dapat dikelola dengan baik. Dengan bantuan PMS, manajemen hotel dapat melihat data tamu yang mendekati tanggal checkin dan segera memberikan pengingat kepada tamu dengan pesan Whatsapp ataupun kirim email.
Strategi Efektif Mengelola Go Show Booking
Tidak hanya menerapkan strategi untuk no show booking, tapi hotel juga harus menerapkan strategi untuk mengelola go show booking. Berikut ini beberapa strategi efektif mengelola go show booking:
Menggunakan Software Property Management System
Software Property management system berperan penting untuk membantu front office mengelola semua data reservasi. Dengan bantuan software PMS, hotel dapat melayani tamu checkin dengan efektif dan efisien. Seperti PMS Hotel dari HOTELMU.ID, yang memberikan kemudahan untuk semua penggunanya. Apalagi saat ini sudah bisa terintegrasi dengan channel manager, sistem kunci RFID dan juga whatsapp. Dengan adanya integrasi whatsapp, sistem akan otomatis mengirim pesan selamat datang kepada tamu yang check-in dan mengucapkan ucapan khusus ketika tamu check-out, sehingga membuat tamu lebih istimewa menginap di hotel Anda.
Menawarkan Layanan Tambahan lain
Saat tamu check-in, hotel dapat menawarkan layanan lainnya kepada tamu. Sehingga pendapatan hotel lebih maksimal.
Kesimpulan
Dalam mengelola no show dan go show booking. hotel membutuhkan strategi khusus untuk memaksimalkan tingkat hunian dan juga pendapatan hotel. Salah satu strategi yang penting dalam mengelola operasional hotel khususnya go show dan no show, hotel wajib menggunakan bantuan Property Management System yang user friendly dan lengkap. Dengan strategi yang tepat, hotel tidak hanya dapat meminimalkan kerugian akibat no show booking tetapi juga memanfaatkan peluang dari tamu go show untuk meningkatkan pendapatan hotel. Dengan fokus pada pengalaman tamu dan efisiensi operasional, hotel dapat memastikan tingkat hunian tetap optimal.