Taman Cihanjuang Kav.35 A Cihanjuang - Bandung Barat

Pentingnya membagi Segmentasi Tamu Hotel Anda.

Masih terkait dengan reservasi hotel. Di tulisan sebelumnya saya menyampaikan dua jenis reservasi dilihat dari sisi pembayaran. Nah, ini akan berpengaruh juga pada sisi laporan keuangan di aplikasi.

Sebelum membahas laporan keuangannya, di aplikasi HOTELMU ada menu Business Partner atau Market Segment . Menu ini akan mencatat tamu berasal dari mana apakah di Walk-In, Web-In, Mitra Perusahaan , OTA (Online Travel Agent) atau semen lainnya. Aplikasi HOTELMU membagi menjadi 3 bagian, yaitu :


  1. Agen

    Ini adalah bentuk kemitraan yang dibangun oleh pihak HOTEL dengan pihak lain, namun untuk pembayaran tetap dilakukan oleh tamu secara langsung kepada pihak hotel. Setelah tamu pulang, pihak HOTEL akan memberikan komisi terhadap pihak tersebut. Misal, hotel Anda bekerjasama dengan Agen TOUR INDAH. Pada hari tertentu ada tamu yang datang dari Agen TOUR INDAH, dan tamu tersebut langsung membayar ke pihak hotel. Dikemudian hari, Agen TOUR INDAH akan memberikan invoice kepada hotel Anda berupa komisi atas tamu tersebut. Contoh lain untuk OTA adalah Booking.Com yang secara rutin di bulan n+1 akan melakukan rekonsiliasi dan mengirim invoice komisi atas tamu yang menginap dari Booking.Com

    Ketika front office melakukan reservasi maka dipilih menu non-guaranteed atau tentative, jika tamu yang datang dari segmen ini karena biasanya tamu membayar di hotel.

  2. City Ledger

    Untuk jenis ini adalah kebalikan dari tipe Agen. Jadi tamu yang menginap di hotel Anda sudah membayar kepada pihak mitra dan tamu dapat menginap di hotel Anda dengan jaminan dari mitra, lalu dikemudian hari hotel Anda yang mengirimkan invoice menagih senilai tagihan tamu yang menginap. Dan tagihan tersebut sudah dikurangi komisi mitra. Contohnya untuk City Ledger ini seperti Traveloka, Agoda dan lain-lain.

    Ketika front office melakukan reservasi maka dipilih menu guaranteed, jika tamu yang datang dari segmen ini, karena tamu yang datang sudah membayar ke mitra.

  3. No Type

    Maksudnya bukan kategori Agen maupun City Ledger. Jadi ini adalah tamu-tamu yang datang secara langsung ke hotel tanpa melalui mitra manapun. Anda cukup membagi berdasarkan segmennya misal Walk-In (tamu datang langsung) , Phone-In (via telpon) atau segmen lainnya untuk memudahkan analisanya.


Nah, di sisi keuangan untuk tamu yang datang dari Business Partner/Market Segmen tipe Agen maka nilai komisi secara otomatis akan muncul di menu Hutang (Account Payable). Adapun untuk tipe City Ledger maka nilai yang harus Anda invoice akan muncul otomatis di menu Piutang (Account Receivable).

Cukup mudah bukan ? Dan pastinya ini sangat membantu operasional hotel Anda. Silahkan berdiskusi dengan kami untuk fitur-fitur diatas. Hubungi pusat kontak kami, atau silahkan mencoba aplikasi HOTELMU, klik disini untuk COBA GRATIS.


Coba Gratis