Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Laporan Kinerja Bisnis Hotel Anda (Metrik Hotel)


Metrik adalah sesuatu yang berhubungan dengan ukuran, dan disini saya akan sharing mengenai sistem pengukuran yang ada di industri hotel. Ada berbagai macam metrik untuk mengukur hotel Anda yang pada prinsipnya adalah mengukur sejauh mana performa atau kinerja dari bisnis hotel Anda.

Berikut ini beberapa sistem pengukuran di lingkungan hotel :


  1. Okupansi (Occupancy) atau biasa di singkat dengan simbol OCC

    Ini adalah alat untuk mengukur seberapa besar tingkat hunian hotel Anda, semakin besar nilainya maka semakin bagus tingkat hunian hotelnya.Rumusnya adalah = jumlah kamar terjual/jumlah kamar tersedia.

  2. Rata-rata harga kamar atau Average Room Rate atau biasa disingkat dengan simbol ARR

    Dari jumlah kamar yang terjual kita dapat menghitung rata-rata harga kamarnya. Jadi dapat dirumuskan ARR = jumlah pendapatan kamar/jumlah kamar terjual.

  3. Pendapatan rata-rata kamar hotel yang tersedia atau Revenue Per Avaibility Room atau disingkat RevPAR

    Metrik yang satu ini lebih spesifik dibandingkan ARR. Jika ARR adalah jumlah pendapatan kamar/jumlah kamar terjual maka RevPAR adalah jumlah pendapatan kamar/jumlah kamar tersedia. Jadi dengan RevPAR kita juga menghitung jumlah kamar yang tidak terjual, ini dikarenakan biaya operasional hotel juga menghitung jumlah kamar yg lain.

    Dan biasanya RevPAR ini sering digunakan untuk alat ukur investasi. Contohnya, jika Anda sudah menghabiskan uang sebesar 10M untuk membangun hotel dengan 50 kamar. Maka diperoleh bahwa investasi untuk masing-masing kamar adalah 10M/50 = 200jt/kamar. Dengan menghitung rumus Per Room Bay Basis untuk menentukan harga jual kamar yaitu dibagi dengan bilangan 1000, maka diperoleh RevPar ideal untuk investasi diatas adalah 200jt/1000 yaitu 200,000. Jika kurang dari ini maka periode ROI (return on investment) akan semakin lama, sebaliknya jika lebih besar dari 200,000 maka akan semakin cepat. 


Aplikasi Hotel dari HOTELMU sudah menyajikan metrik-metrik diatas dan dilengkapi dengan laporan hari ini (today), bulan ini, tahun ini, bulan lalu dan perbandingan dengan tahun lalu. Sudah cukup lengkap bukan ? Anda bisa meng-evaluasi kinerja dari hotel Anda kapan saja. Silahkan berdiskusi dengan kami untuk Aplikasi Hotel Anda. Hubungi pusat kontak kami. Atau silahkan mencoba aplikasi HOTELMU, klik disini untuk COBA GRATIS.


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post