Taman Cihanjuang Kav.35A Bandung Barat



   

Pencatatan Akuntansi Hotel, Accrual Basis atau Cash Basis?

Daftar Isi

  • Apa itu Basis Akrual (Accrual Basis) ?
  • Apa itu Basis Kas (Cash Basis) ?
  • Metode Apa yang Cocok untuk Laporan Perhotelan?

Pencatatan Akuntansi Hotel, Accrual Basis atau Cash Basis? Pada artikel ini penulis ingin sedikit sharing tentang teknik pencatatan laporan di perhotelan. Teknik apa yang cocok untuk pencatatan akuntansi perhotelan? Basis Akrual atau Basis Kas ? Sebelum ke pembahasan inti, apa yang dimaksud dengan basis akrual dan basis kas ? Penulis akan sedikit mengulas pada artikel ini.

Apa itu Basis Akrual (Accrual Basis) ?


Basis Akrual ( Accrual Basis) adalah suatu teknik pencatatan akuntansi, dimana pencatatannya dilakukan saat terjadinya transaksi walaupun kas belum diterima. Jadi jenis laporan accrual basis Pendapatan dan Biaya diakui pada periode saat terjadinya. Pendapatan akan diakui ketika perusahaan memiliki hak untuk melakukan penagihan dari transaksinya, meskipun kas belum diterima. Biaya akan diakui ketika kewajiban membayar sudah jatuh tempo, meskipun kas belum dikeluarkan.

Apa itu Basis Kas (Cash Basis) ?


Basis Kas (Accrual Basis) adalah suatu teknik pencatatan akuntansi, dimana pencatatannya dilakukan saat ada penerimaan atau pengeluaran kas. Jadi jika menggunakan metode Cash basis, meskipun ada transaksi yang sudah terjadi (hutang/piutang) tidak akan diakui apabila belum ada kas masuk atau kas keluar. Pendapatan akan diakui apabila sudah ada kas masuk. Dan biaya akan diakui apabila sudah ada kas yang keluar.

Metode Apa yang Cocok untuk Laporan Perhotelan?


Metode Accrual Basis dinyatakan lebih cocok untuk pencatatan akuntansi laporan perhotelan. Karena Accrual Basis lebih akurat untuk mengukur aset dan hutang. Seperti kita ketahui bersama, transaksi di hotel banyak sekali piutang. Sehingga, apabila menggunakan metode cash basis maka tidak akan ada piutang dan hutang. Karena yang dicatat hanya ketika penerimaan kas dan pengeluaran kas, meskipun transaksi sudah terjadi.

Dalam operasional hotel, laporan piutang dan hutang menjadi sangat penting. Tapi kapan kas diterima dan keluar juga penting. Apa solusinya ? Dengan menggunakan software hotel, laporan akan disajikan secara otomatis secara real time. Gunakanlah software hotel dengan metode accrual basis namun juga mendukung untuk pencatatan penerimaan kas dan pengeluaran kas. Software HotelMU merupakan Hotel Management System yang dibuat oleh anak bangsa dengan fitur yang lengkap.

Aplikasi HotelMU, menyediakan fitur accounting yang sederhana dengan UI/UX yang menarik, sehingga mudah dipahami dan mudah digunakan. Dalam Aplikasi HotelMu, terdapat fitur accounting dengan basis akrual, laporan-laporannya cukup lengkap hingga Laba-Rugi / Profit & Lost. Dan didalamnya juga terdapat laporan arus kas, sehingga orang keuangan bisa melihat penerimaan kas dan pengeluaran kas.


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post