Lembah Permai Hanjuang No.2 Blok H, Kota Cimahi



   

7 Strategi Inovatif dan Praktik Terbaik dalam Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel


Kamar perhotelan yang dinamis dan kompetitif memerlukan inovasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan pendapatan kamar hotel. Di era digital, strategi canggih dan praktik terbaik adalah kunci untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan dan menarik perhatian calon tamu. Nah artikel ini berkaitan dengan pembahasan sebelumnya. Artikel ini membahas beberapa strategi inovatif dan praktik terbaik untuk membantu hotel meningkatkan penjualan kamar.

 Pemanfaatan Teknologi Reservasi Online


Pengguna pemesanan online adalah kunci untuk meningkatkan keterjangkauan dan kemudahan pemesanan bagi calon tamu. Hotel memastikan bahwa situs web mereka dioptimalkan dengan benar untuk perangkat seluler (mobile), menyediakan antar muka yang ramah pengguna, dan memberikan informasi yang lengkap dan jelas tentang fasilitas dan kebijakan hotel. Jika sudah memiliki website dan system reservasi online (booking engine), langkah apa lagi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan hotel ? Klik pada link di bawah ini.

Tips Meningkatkan Penjualan Kamar Melalui Website Hotel

Program Loyalitas Pelanggan yang Menarik


Membangun program loyalitas yang efektif membantu hotel mempertahankan pelanggan lama dan menarik tamu baru. Diskon khusus, poin reward, atau paket eksklusif untuk anggota loyalitas merupakan insentif yang kuat bagi tamu untuk memilih hotel Anda lagi. HOTELMU.ID menyediakan layanan website dan booking engine dengan fitur yang lengkap dan user friendly. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga menarik pelanggan baru, HOTELMU sudah menyediakan fitur untuk mengatur promo khusus. Anda dapat mengirim kode promo tersebut ke pelanggan khusus atau membagikannya di akun media sosial hotel anda.

Strategi Pemasaran Media Sosial


Saat ini akun sosial media bukan hanya sekedar platform komunikasi, tapi juga alat pemasaran yang efektif. Hotel sebaiknya memanfaatkan media sosial untuk membangun kehadiran mereknya (brand awareness), membagikan konten menarik mengenai destinasi dan fasilitas hotel, serta menjalankan promosi eksklusif yang hanya dapat diakses melalui platform.

Kolaborasi dengan Agen Perjalanan Online (OTA)


Sudah tidak diragukan lagi bahwa Online Travel Agent (OTA) memberikan manfaat tambahan dalam meningkatkan pangsa pasar. Hotel mungkin menawarkan paket khusus, diskon, atau keuntungan lainnya kepada tamu yang memesan melalui OTA tertentu.

Apa Perbedaan OTA dan VHO ?

Penggunaan Teknologi Big Data dan Analitik


Menganalisis data tentang perilaku dan preferensi pemesanan tamu memberikan wawasan yang berharga. Hotel dapat menggunakan teknologi dan analisis big data untuk menyesuaikan strategi penetapan harga, menargetkan promosi dengan lebih efisien, dan mempersonalisasi layanan.

Jika berbicara tentang analitik, pada software PMS HOTELMU terdapat moduk Sales Insight. Pada modul Sales Insight, anda dapat melihat tren statistic dari pendapatan, okupansi, dan juga ARR (Average Room Rate).

Untuk menyesuaikan strategi harga, anda juga dapat menggunakan fitur Revenue Management yang sudah disediakan pada PMS HOTELMU. Pada modul tersebut, terdapat sistem yang memberikan rekomendasi harga setiap harinya pertipe kamar, dengan parameter harga pesaing dan okupansi hotel anda. COBA GRATIS Aplikasi HOTELMU.

Penawaran Paket dan Pengalaman Unik


Lagi paket menarik dan menawarkan pengalaman unik merupakan daya tarik tersendiri bagi calon tamu. ini termasuk paket liburan, pengalaman kuliner spesial, paket perayaan untuk acara khusus, dan banyak lagi.

Peningkatan Layanan Pelanggan


Salah satu ciri khas pada hospitality adalah pelayanannya. Pelayanan yang baik dan juga responsif terhadap keluhan pelanggan akan meninggalkan kesan mendalam pada tamu, Hal itu memotivasi mereka untuk kembali lagi dan merekomendasikan hotel Anda kepada orang lain. Maka dari itu, hotel harus fokus pada pelatihan stafnya terutama di front office untuk memberikan pengalaman yang ramah, profesional dan responsif. Menerapkan kombinasi strategi inovatif dan praktik terbaik, hotel dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar yang saat ini semakin tinggi persaingannya dan mencapai peningkatan pendapatan kamar yang signifikan. Fleksibilitas dan daya tanggap terhadap tren industri yang berkembang adalah kunci kesuksesan jangka panjang.


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post